Beranda News Empat Dekade Hino Di Indonesia 22 Tahun Jadi Pemimpin Pasar Kendaraan Niaga...

Empat Dekade Hino Di Indonesia 22 Tahun Jadi Pemimpin Pasar Kendaraan Niaga Berat Dan Sedang

Lajuroda.Com, Tangerang – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), di tahun ini telah genap 40 tahun berdiri di Indonesia. Sejak berdiri tahun 1982, Hino terus berkembang dengan pesat sampai saat ini.

Hino menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam pembangunan di Indonesia. Seperti pembuatan irigasi, bendungan, jembatan, bandara, hingga pembangunan jalan lintas Sumatera, Tol Trans Jawa, jalan lintas Sulawesi, hingga jalan Trans Papua.

Begitupun untuk kelancaran ekonomi bisnis di Indonesia. Berbagai kendaraan, Hino hadirkan untuk membantu para pengusaha perkebunan, pertambangan, logistik, distribusi dan transportasi lainnya, agar pengusaha dan bisnisnya berjalan lancar. Hino sudah 4 dekade menghadirkan truk dan bus terbaik di Indonesia. Dengan layanan Total Support, jaringan yang luas, dan fasilitas terlengkap.

Hino terus mengembangkan dan mendukung bisnis Hino Loyal Customer di Indonesia. Sebagai market penting, Indonesia selalu menjadi prioritas untuk bisnis Hino. 40th Hino Indonesia, Past, Present, Future Hal inilah yang menjadi tema dasar Hino booth di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show | (GIIAS) 2022 yang berlangsung dari tanggal 11 – 21 Agustus 2022 di ICE BSD City, Tangerang.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih, kepada customer Hino Indonesia, atas kepercayaannya selama 40 tahun ini. Karena berkat customer setia kami. Saat ini, Hino berhasil menjadi market leadermedium duty truck selama 22 tahun terakhir ini, dengan pangsa pasar diatas 5096”. Ungkap Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI Pada GIIAS 2022, total Hino menampilkan 6 unit kendaraan baik itu truk dan bus dibooth seluas 760 meter persegi.

Untuk menjelaskan lebih jauh tentang sejarah sejak berdirinya hingga sekarang Hino menggelar Diskusi Panel di GIIAS 2022. Mengambil tema perayaan 40 tahun Hino Indonesia. Karena di tahun ini, Hino Indonesia genap berusia 40 tahun.

Sesungguhnya, Hino pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 1967 atau 55 tahun lalu, dimana 150-unit Hino Bus BT51 dikirim oleh Pemerintah Jepang untuk bantuan kepada Pemerintah Indonesia.

PT Hino Indonesia Manufacturing (HIM) didirikan tahun 1982 dimana ini yang menjadi awal catatan sejarah 40 tahun Hino Indonesia. Mesin H07C-D4 menjadi mesin hasil produksi pertama Hino Indonesia Manufacturing di tahun 1985.

Setelahnya Hino truk FF 172/173 LA mulai diluncurkan di tahun yang sama dan satu tahun berikutnya, menyusul Hino Bus AK yang bermesin depan diluncurkan di 1986 yang kemudian menjadi penguasa di kategorinya.

Truk Hino dengan ciri khas warna Kepala Hijau jadi trend mark tersendiri, dimulai pada tahun 1989, ketika Hino truk FF172/173MA sebagai model truk pertama di Indonesia yang memakai warna kabin hijau atau Indonesia Green. Sejak saat itu warna kabin Hijau terus melekat dengan Hino hingga saat ini.

Hino Bus RK 174LA menjadi bus terlaris di tahun 1990 dan membuat Hino menjadi brand asal Jepang pertama yang mengeluarkan bus bermesin belakang di Indonesia. Setahun berselang, di tahun 1991, pertama kalinya diluncurkan Hino Jumbo Ranger FL176 MA (6×2) dan FM226MD (6×4), Dimana ini merupakan cikal bakal Hino Ranger FL dan FM JD series yang menjadi legenda, dan kini terus menjadi market leader selama 22 Tahun, sampai saat ini.

Hino memasuki segmen light duty truck di Indonesia dimulai pada tahun 2002 dengan meluncurkan Hino Dutro, memasuki tahun 2011, Hino Indonesia mulai melakukan ekspor komponen dan suku cadang, dan di 2014 menjadi yang pertama dan satu-satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang melakukan ekspor truk secara complete built up (CBU). Menjadikan Hino Indonesia saat ini, sebagai salah satu pangkalan produksi Hino untuk ekspor ke 19 negara.

Pada tahun 2015, Hino Indonesia menjadi yang pertama di dunia meluncurkan Hino New Generation Ranger, dan digunakan untuk market Hino di negara-negara lain.

Di usianya yang ke 40 ditahun 2022 ini, Hino menjadi brand kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan dengan standar emisi Euro4 di bulan Maret 2022, Total ada 60 model Hino Euro4 yang diluncurkan sejak Maret hingga yang terbaru di GIIAS 2022 ini yaitu, Hino Ranger FMX 280 TH, Hino Ranger FLX 280 JW (8X2), Hino Ranger FLE 260 JW (6×2), Hino Ranger FG 260 JU, dan Hino Dutro 136 HDX 5.8 Plantation.

Hino terus teruji yang kini berhasil menjadi market leader medium duty truck di Indonesia selama 22 tahun terakhir.
“Kami terus mengembangkan dan berinovasi untuk menghadirkan kendaraan yang tepat sesuai dengan segmentasi bisnis para pengusaha di Indonesia, atau kami menyebutnya best fit product. Pencapaian Hino di Tanah Air yang mampu memimpin pasar medium duty truck, karena Hino terbukti tangguh dan meningkatkan keuntungan di tangan”. Ungkap Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

Di ajang GIIAS 2022 di pajang Hino Truk Listrik, Dutro Z EV memiliki sasis yang rendah, Hino Dutro Z EV (Future untuk mempermudah keluar masuk Product) barang dan mempermudah pengemudi memasuki kabin.

Selain itu, terdapat Paling spesial di GIIAS 2022, Hino turut menampilkan future product nya yaitu truk listrik Hino Dutro Z EV dan Hino200 series.

Hino Dutro Z EV

Hino Truk Listrik, Dutro Z EV memiliki sasis yang rendah, Hino Dutro Z EV (Future untuk mempermudah keluar masuk Product) barang dan mempermudah pengemudi memasuki kabin. Selain itu, terdapat Paling spesial di GIIAS 2022, Hino banyak fitur — fitur keselamatan seperti menampilkan kesiapan teknologi Pre-Collision Safety (PCS) untuk truk listrik melalui Hino Dutro Z EV. memberi peringatan ketika kemungkinan Menggunakan baterai Lithium Ion dengan terjadi tabrakan dari depan. Electric kapasitas 40 kWh untuk penyaluran Parking Brake, Clearance Sonar untuk tenaga ke motor listrik.

Hino Dutro Z EV mendeteksi hambatan ketika mobil digas menggunakan tipe normal charging AC secara mendadak karena salah injak type 1 dengan waktu 5 jam atau guick pedal. The Erroneous Start Prevention charging DC CHAdeMo dengan waktu Function sebagai pencegahan kesalahan pengisian penuh hanya dalam 1 jam. menekan pedal gas dan rem.

Serta Lane Truk ini mampu menempuh jarak lebih Departure Warning System (LDWS) dari 100 km dalam kondisi penuh dan yang merupakan sistem alat bantu memiliki daya angkut hingga 1 Ton. Tentu keselamatan pada kendaraan yang dapat saja Hino Dutro Z EV memiliki keunggulan mendeteksi perpindahan jalur secara ramah lingkungan atau zero emission mendadak. serta suara dan getaran yang halus.

Dutro Z EV memiliki sasis yang rendah, untuk mempermudah keluar masuk barang dan mempermudah pengemudi memasuki kabin. Selain itu, terdapat banyak fitur — fitur keselamatan seperti Pre-Collision Safety (PCS) untuk memberi peringatan ketika kemungkinan terjadi tabrakan dari depan. Electric Parking Brake, Clearance Sonar untuk mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak karena salah injak pedal. The Erroneous Start Prevention Function sebagai pencegahan kesalahan menekan pedal gas dan rem. Serta Lane Departure Warning System (LDWS) yang merupakan sistem alat bantu keselamatan pada kendaraan yang dapat mendeteksi perpindahan jalur secara mendadak.

Hino200 Series (Future Product), segmen baru truk Hino

Hino 200 Series

Tidak ketinggalan, dalam GIIAS tahun ini, Hino turut memperkenalkan inovasi produk kedepannya yaitu Hino200 Series, Memiliki panjang sekitar 3 meter, serta panjang wheelbase 2.545mm dan GW 3.4 ton. Hino200 Series Mempunyai tenaga 144Ps / 3.400rpm dengan mesin Euro4 dengan transmisi 5 percepatan. Truk kecil ini sangat tepat untuk bisnis pengiriman sehri-hari dengan jarak dan menembus jalan sempit.

Hadir dengan desain unik dan tampilan kabin yang menarik serta fitur yang lengkap. Truk ini dapat hadir dengan aplikasi bodi boks maupun flat deck Hino200 Series, kami perkenalkan dan diskusikan dengan customer setia kami disini, untuk segmen terbaru Hino di pasar truk kecil. Harapan kami truk ini dapat melengkapi jajaran produk Hino yang sudah ada, sehingga customer mendapat pilihan baru untuk meningkatkan operasional bisnisnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini